Violin Plot with Observation


Pengertian

Violin = Jika kita mendengar atau membaca kata violin, yang ada dipikiran kita adalah alat musik. Dalam materi ini, penggambaran sebuah grafik dari susunan data numerik biasanya berbentuk seperti Violin.

Plot = Plot adalah hubungan yang mengaitkan satu kejadian dengan kejadian lainnya sehingga saling berhubungan yang memicu terjadinya krisis dan menggerakkan cerita menuju klimaks (puncak konflik). Dengan kata lain, adanya suatu peristiwa dibenturkan dengan peristiwa lain, yang saling bergesekan sehingga memantik konflik. Plot inilah yang sesungguhnya menggerakan cerita dari awal sampai akhir yang menghiasinya jalannya cerita tersebut dengan ketegangan, konflik dan penyelesaian (ending). [A]  Dan plot dalam materi ini bisa dikatakan sebagai metode yang disusun berdasarkan alur beberapa peristiwa.

Observation = Observation dalam bahasa indonesia berarti observasi, yaitu peninjauan secara cermat.

Violin Plot adalah kombinasi dari sebuah box plot dan sebuah kernel density plot (alur kepadatan titik). Detailnya, diawali dengan sebuah box plot. Lalu ada penambahan kepadatan titik rotasi plot ke setiap sisi box plot. [B]  Violin Plot menggambarkan bentuk fungsi kepadatan massa. [C]  Violin Plot menunjukkan distribusi data kuantitatif di beberapa tingkat dari satu atau lebih pendistribusian variabel kategori yang dapat dibandingkan. 

Konsep Violin Plot

Violin Plot memainkan peran yang sama seperti box plot dan whisker plot. Ini menunjukkan distribusi data kuantitatif di beberapa tingkat satu (atau lebih) kategori variable seperti pendistribusian data kuantitatif yang dapat dibandingkan. Tidak seperti box plot, di mana semua komponen plot sesuai dengan datapoints yang sebenarnya, violin plot memiliki estimasi kepadatan kernel dari distribusi yang mendasarinya.

Hal ini dapat menjadi cara yang efektif dan menarik untuk menampilkan beberapa distribusi data sekaligus, namun perlu diingat bahwa prosedur estimasi dipengaruhi oleh ukuran sampel, dan violin untuk sampel yang relatif kecil mungkin terlihat lebih halus.

Penginputan data dapat dituliskan dalam berbagai format, seperti: 
  • Vektor data direpresentasikan sebagai daftar, array Numpy, atau objek Panda Series yang dilalui langsung ke x, y, dan / atau warna parameter. 
  • Sebuah data frame dengan "bentuk panjang", dalam hal ini variable x, y, dan hue akan menentukan bagaimana data diplot. 
  • Sebuah data frame dengan "bentuk yang luas”, sehingga setiap kolom numerik akan diplot. 
  • Apa pun akan diterima oleh plt.boxplot (misalnya array 2D atau daftar vektor).
Dalam kebanyakan kasus, memungkin untuk menggunakan Numpy atau objek-objek Python, tetapi objek Panda lebih disukai karena nama-nama yang terkait akan digunakan untuk membubuhi keterangan pada sumbu. Selain itu, Anda dapat menggunakan jenis-jenis kategori untuk variabel pengelompokan untuk mengontrol urutan elemen plot. 

Perangkat Lunak Yang Mendukung

Violin Plots tersedia di sejumlah paket software, seperti R mencakup vioplot, wvioplot, caroline, UsingR, lattice, ggplot2 libraries, stata melalui vioplot add-in, dan Python libraries Matplotlib dan Seaborn.

Contoh Pemanfaatan Konsep Violin Plot

Pemanfaatan Konsep Violin Plot tidak berbeda dengan pemanfaatan dari plot-plot lainnya, hanya penggambarannya grafik Violin Plot mirip dengan Violin. Violin Plot mirip dengan Box Plot. VIolinplot menunjukkan distribusi data kuantitatif di beberapa tingkat satu ( atau lebih ) variabel kategori seperti bahwa mereka distribusi dapat dibandingkan . Tidak seperti Box Plot , di mana semua komponen plotting sesuai dengan datapoints yang sebenarnya , plot biola memiliki estimasi densitas kernel dari distribusi yang mendasarinya .

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat dipetik dari semua penjelasan diatas adalah Violin Plot with Observation sebagai peninjauan secara cermat tentang sebuah metode penggambaran sampel data grafik (histogram) dari alur beberapa peristiwa yang setiap sampelnya membentuk gambaran seperti alat musik violin. Violinplot dapat digambarkan di berbagai software, dengan syarat software tersebut sudah dalam penambahan library yang mendukung untuk menampilkan violin plot, seperti R dan Python.

Untuk materi yang lebih lengkap bisa didownload disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputasi Modern di Bidang Kesehatan

Bisnis Model Canvas AnakKampus.com