Teknologi Internet di Universitas Gunadarma

Perkembangan Teknologi Komputer di Universitas Gunadarma meningkat pesat dari tahun ke tahun, meliputi perangkat hardware maupun software, serta teknologi yang digunakan telah mengalami kemajuan yang signifikan bertujuan untuk menciptakan masyarakat informasi yang berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan salah satu unit struktural yang ikut mempunyai kontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma.

Mengenai sistem jaringan yang telah dibangun, sistem jaringan komputer di Universitas Gunadarma digunakan untuk menghubungkan seluruh kampus Universitas Gunadarma yang tersebar di beberapa lokasi dengan Virtual Private Network(VPN) dan menghubungkan ke Internet. Keterhubungan masing-masing lokasi terhubung dengan beberapa teknologi, yaitu MPLS (dengan kecepatan 128Kbps s/d 768 Kbps) dan Wireless (dengan kecepatan 10-20 Mbps). Kecepatan koneksi jaringan komputer untuk Internet adalah 29 Mbps. Kecepatan koneksi tersebut hingga saat ini masih sangat menunjang kebutuhan pengiriman dan penerimaan data. Infrastruktur jaringan komputer dikembangkan untuk menghubungkan seluruh kampus sebagai satu sistem yang terintegrasi sehingga mempermudah dan mempercepat operasional akademik maupun maupun pengaksesan sumber bahan ajar. Infrastruktur perangkat lunak yang ada merupakan aplikasi dalam kesatuan sistem informasi Universitas Gunadarma. Sistem tersebut terbagi dalam tiga golongan,yaitu:
  • Sistem Korporasi: Otomasi Perkantoran (Staffsite ataumailstaff), sistem kepegawaian, sistem keuangan.
  • Sistem Akademik: Sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem administrasi akademik (registrasi mata kuliah, nilai, absensi kuliah), e-Learning, perangkat lunak laboratorium, digital library, career center dan e-journal.
  • Sistem Komunitas: Forum, student site maupun jaringan penelitian.
Sistem Informasi dikembangkan dengan model sistem terpusat, seperti terlihat pada Gambar dibawah ini. Sistem tersebut dapat dijalankan maupun diperbaharui informasinya secara terdistribusi dari berbagai lokasi, sehingga meningkatkan usabilitas(ketergunaan) sistem dan mempercepat pembaruan Informasi yang disediakan. Pembentukan sistem informasi terpusat ditujukan untuk memudahkan dalam perawatan dan kendali sistem informasi, sehingga jaminan keamanan dan integritas Informasi tercapai.

Aplikasi sistem yang disediakan bersifat terpusat terdiri dari sistem administrasi akademik, sistem informasi manajemen keuangan yang terkoneksi dengan perbankan, BAAK (http://baak.gunadarma.ac.id), Integrated Laboratory (http://ilab.gunadarma.ac.id), Studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id), Virtual Class (http://v-class.gunadarma.ac.id), Digital Library (http://library.gunadarma.ac.id), dan situs resmi Universitas Gunadarma (http://www.gunadarma.ac.id).

Sumber: http://mikaelvoni88.blogspot.com/2011/05/perkembangan-teknologi-komputer-di.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Violin Plot with Observation

Komputasi Modern di Bidang Kesehatan

Bisnis Model Canvas AnakKampus.com